Neocate LCP adalah susu formula untuk keperluan medis khusus untuk bayi usia 0–12 bulan yang alergi terhadap protein susu sapi. Neocate LCP berbahan dasar asam amino nonalergenik yang tidak mengandung protein susu sapi. Susu formula ini hanya boleh digunakan sesuai anjuran dokter

Air susu ibu (ASI) merupakan sumber makanan terbaik bagi bayi, terutama pada bayi usia 0–6 bulan. Selain ASI, susu formula yang umumnya terbuat dari susu sapi juga dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi karena kandungannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan bayi sesuai dengan tahapan usia dan kondisi bayi.

NeocateLCP

Susu formula bisa menjadi pengganti ASI pada kondisi di mana bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup. Namun, sayangnya ada cukup banyak bayi yang alergi terhadap protein susu sapi. Alergi ini dapat menimbulkan reaksi berupa muntah, diare, atau kolik, bahkan pembengkakan bibir, lidah, dan tenggorokan sampai membuat bayi sesak napas.

Jika bayi yang tidak mendapatkan ASI juga tidak bisa memperoleh asupan nutrisi yang ia butuhkan dari susu formula akibat alergi susu sapi, bayi akan kekurangan nutrisi. Kalau masalah ini tidak disadari dan terjadi terus-menerus, bayi bisa mengalami hambatan tumbuh kembang (stunting).

Nah, untungnya, ada susu dengan formula khusus berbahan dasar asam amino yang tidak berisiko menimbukan alergi susu, seperti Neocate LCP. Susu ini dapat menjadi pilihan untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi. Protein dalam susu ini tidak memicu reaksi alergi, tetapi nutrisi di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan gizi penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

Zat penyusun protein, yaitu asam amino, adalah nutrisi yang merupakan bahan baku pembentukan berbagai jaringan dan organ tubuh bayi. Itulah sebabnya, asam amino sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi.

Neocate LCP adalah susu formula dengan bahan dasar asam amino yang 100% hipoalergenik. Produk ini tersedia dalam kemasan kaleng 400 gram.

Apa Itu Neocate LCP

Susu formula Neocate LCP secara klinis sudah terbukti efektif mengurangi gejala alergi protein susu sapi dengan cepat, hanya dalam 3–14 hari. Tidak hanya itu, Neocate LCP juga mengandung tambahan nutrisi lengkap, mencakup vitamin, mineral, omega-3 dan omega-6, serta AA dan DHA, yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Di dalam susu berbasis asam amino ini terkandung pula beragam nutrisi lain. Kandungan nutrisi ini dapat membantu memenuhi nutrisi harian bayi usia 0–12 bulan.

Berikut ini adalah berbagai kandungan nutrisi beserta jumlahnya masing-masing dalam setiap 100 ml susu Neocate LCP:

Informasi Nilai Gizi Satuan Jumlah
Per 100 ml
Energi kkal 67
Protein gram 1,8
Total asam amino gram 2,1
Lemak gram 3,5
Asam linoleat (omega 6) mg 453
Asam α-linoleat (omega 3) mg 45,6
DHA mg 16,6
AA mg 16,6
Karbohidrat gram 7,1

Neocate LCP juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin D3, vitamin E, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Susu formula ini juga dilengkapi dengan taurin dan beragam mineral penting, seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium, yang dapat membantu pertumbuhan anak.

Peringatan sebelum Menyajikan Neocate LCP

Perhatikanlah beberapa hal berikut ini sebelum menyajikan Neocate LCP untuk bayi:

  • Susu formula ini diperuntukkan bagi bayi yang alergi terhadap protein susu sapi. Jika ragu, konsultasikanlah dengan dokter untuk memastikan apakah memang keluhan yang dialami bayi Anda diakibatkan oleh alergi susu sapi.
  • Meski susu formula memiliki beragam kandungan nutrisi, ASI tetap merupakan pilihan sumber nutrisi utama bagi bayi dan anak sampai usia 2 tahun.
  • Sajikan Neocate LCP sesuai petunjuk pada kemasan. Jangan mengubah perbandingan takaran air dan susu, kecuali bila direkomendasikan oleh dokter.
  • Jika tidak ada perbaikan gejala setelah 2 minggu mengonsumsi susu formula hipoalergenik, seperti Neocate LCP, konsultasikan dengan dokter agar penyebabnya bisa dipastikan.

Dosis dan Aturan Penyajian Neocate LCP

Dosis dan takaran Neocate LCP akan ditentukan oleh dokter berdasarkan usia, berat badan, dan kondisi medis bayi. Agar dosis yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan gizi bayi, pastikan agar perbandingan susu dengan air adalah 1 sendok takar dengan 30 ml air.

Berikut ini adalah acuan takaran pemberian Neocate LCP berdasarkan usia bayi:

Usia bayi BB rata-rata bayi (kg) Takaran untuk 1 kali pemberian Air (ml) Jumlah pemberian dalam 24 jam
0 bulan 3,5 3 90 6–7
2 minggu 4 4 120 6
2 bulan 5,5 5 150 5–6
3 bulan 6 6 180 5
5 bulan 7,5 7 210 4–5
7 bulan 8,5 7 210 4
10 bulan 9 8 240 4

Cara Menyajikan Neocate LCP dengan Benar

Ikuti petunjuk penyajian Neocate LCP yang terdapat pada kemasan produk agar manfaat yang didapatkan bisa optimal. Berikut adalah cara penyajian Neocate LCP yang benar:

  • Pastikan botol susu bayi dan area untuk menyiapkan susu bayi dalam kondisi bersih dan steril. Anda dapat mensterilkan botol susu dengan cara merebusnya di dalam air mendidih selama 5–10 menit atau menggunakan alat steril khusus botol susu bayi.
  • Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, lalu keringkan sebelum menyiapkan Neocate LCP.
  • Rebus air bersih sampai mendidih dan biarkan air tetap mendidih selama 10 menit. Setelah itu, barulah matikan api dan diamkan air dalam panci tertutup selama 30 menit.
  • Tuangkan air tadi ke dalam botol, kemudian tambahkan bubuk susu formula Neocate LCP ke dalam botol tersebut. Ingat, jangan menuangkan air mendidih ke atas susu bubuk karena sebagian nutrisi di dalam produk susu dapat rusak.
  • Saat menuangkan susu formula Neocate LCP, gunakanlah sendok takar yang disertakan dalam kemasannya. Pastikan agar dosisnya sesuai dengan anjuran pada produk atau anjuran dokter.
  • Tutup rapat dan kocok botol susu hingga air dan bubuk susu tercampur rata.
  • Dinginkan susu Neocate LCP yang sudah dilarutkan dengan cara merendam bagian bawah botol dengan air dingin, bukan air es, sampai susu menjadi hangat suam-suam kuku.
  • Sebelum memberikannya kepada bayi, cek suhu susu dengan meneteskannya ke punggung tangan. Hati-hati, jangan sampai ujung dot susu mengenai permukaan tangan karena bisa terkontaminasi kuman atau kotoran dari tangan.
  • Bila Neocate LCP yang sudah dilarutkan tidak habis diminum, buang sisanya jika sudah lebih dari 1 jam. Susu yang tersisa tidak boleh dihangatkan untuk diminum kembali.
  • Jangan mendidihkan atau menghangatkan Neocate LCP yang sudah dicampur dengan air, baik dengan microwace maupun kompor.
  • Pastikan kemasan Neocate LCP sudah tertutup rapat setelah digunakan, lalu simpan di tempat yang sejuk dan kering.
  • Neocate LCP hanya boleh digunakan hingga 4 minggu setelah segel kemasan dibuka.

Interaksi Neocate LCP dengan Obat

Mineral yang terdapat di dalam susu dapat menurunkan penyerapan dan efektivitas obat antibiotik golongan fluoroquinolone, seperti ciprofloxacin atau levofloxacin, serta antibiotik golongan tetracycline. Untuk menghindari interaksi ini, berikan susu 2 jam sebelum atau 6 jam setelah konsumsi antibiotik.

Jika ada penggunaan obat atau suplemen secara rutin, konsultasikan dahulu dengan dokter mengenai aturan konsumsi susu dan obat tersebut.

Efek Samping Neocate LCP

Kandungan Neocate LCP aman bagi bayi dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada bayi yang alergi terhadap susu sapi. Namun, jika gejala alergi belum juga membaik meski sudah minum susu formula khusus ini, periksakanlah bayi ke dokter agar penyebab keluhannya bisa dipastikan.